Apa itu Configuration?

Configuration adalah kombinasi parameter untuk menjalankan Optimisasi. Kami menyediakan Configuration default tetapi Anda dapat menyimpan Configuration yang telah dibuat untuk digunakan lagi di lain waktu.

Cara membuat Configuration

Tentukan parameter yang akan digunakan untuk melakukan Optimisasi berdasarkan penjelasan berikut:

Penjelasan parameter:

Trip Time

Trip Time adalah waktu kerja yang ditentukan untuk satu atau semua Vehicle yang akan digunakan dalam melakukan Visit. Trip time meliputi:

  • Vehicle Start Time: jam mulai kerja 

  • Vehicle End Time: jam selesai kerja + day


Sebagai contoh, perusahaan Anda memiliki 50 kendaraan untuk melakukan Visit. Kemudian, Anda melakukan pengaturan Trip Time dengan Vehicle Start Time pada jam 8:00 dan Vehicle End Time pada jam 17:00. Ini artinya, kendaraan Anda akan digunakan untuk melakukan Visit selama durasi waktu tersebut. Jika Anda menambahkan 1 hari ke parameter Day, ini berarti Vehicle Anda masih dapat menghadiri Visit pada hari berikutnya.

Vehicle Speed

Perkiraan atau kecepatan yang diizinkan untuk Vehicle untuk beroperasi. Batas kecepatan maksimum yang dapat diatur untuk setiap kendaraan adalah 60 km/jam. Parameter ini akan mempengaruhi perhitungan ETA.


Visit Time

Perkiraan waktu (dalam menit) yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap Visit. Misalnya, dalam pengiriman, Vehicle Anda perlu dibongkar. Jika proses bongkar muat memakan waktu sekitar 15 menit per Visit, maka Anda bisa memasukkan 15 untuk Visit Time.


Pengaturan Visit Time dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pada menu Configuration dan pada menu Visit. Jika Anda mengisi kedua submenu tersebut, maka submenu Visit akan menggantikan Configuration.

Use Visit Time Window
Jika Anda telah menetapkan Time Window untuk setiap Visit, Anda dapat mengaktifkan opsi ini. Dengan cara ini, mesin kami akan memperhitungkan jam operasional. Misalnya, dalam bisnis home cleaning, seorang pelanggan hanya memiliki waktu luang antara pukul 09.00 hingga 10.00. Sekarang setelah ditetapkan, mesin kami tidak akan membiarkan Vehicle apa pun melakukan Visit sebelum pukul 09.00 atau setelah pukul 10.00.


Capacity Constraint
Parameter kapasitas untuk membantu Anda melakukan optimasi dengan lebih baik sesuai kebutuhan Anda. Capacity constraint secara default ada tiga, yaitu:
  1. Weight (kg): kapasitas kendaraan dalam satuan kilogram (kg)
  2. Volume (m3): kapasitas kendaraan dalam satuan meter kubik (m3)
  3. Width (m): kapasitas kendaraan dalam satuan meter (m)

Anda  dapat menambahkan Capacity constraint yang baru dengan cara klik simbol "+" kemudian masukkan tipe dan satuannya.


Misalnya, Anda ingin membuat batasan pengoptimalan berdasarkan panjang item dan Vehicle. Jadi, Anda dapat menambahkan jenis kapasitas "Length (panjang)" dengan satuan "meter (m)". Jadi, ketika Anda membuat Vehicledan Visit Anda harus memasukkan length (panjangnya). Jadi bila Anda memiliki 2 Vehicle -- Vehicle A dengan panjang 2 meter dan Vehicle B dengan panjang 3 meter, mesin kami akan menetapkan Visit dengan item 3 meter hanya ke Vehicle B.


Return to Hub

Jika diaktifkan, MileApp akan mengambil rute kembali ke Hub ke dalam perhitungan. Hal ini dapat mengurangi efektivitas Vehicle Anda karena sekarang mesin harus menyediakan ruang untuk rute pulang sebelum akhir jam operasi Vehicle Anda.



Use All Vehicle

Fitur ini akan memaksa semua Vehicle untuk keluar dan diperhitungkan dalam proses optimasi rute.


Multi-trip

Jika diaktifkan, MileApp akan memaksa setiap Vehicle untuk melakukan beberapa perjalanan untuk menyelesaikan semua tugas. Namun, opsi ini mengharuskan Anda untuk mengisi setidaknya satu parameter Constraint.


Misalnya, Vehicle A memiliki batasan kapasitas 1000 kg, dan hari ini, pesanan Anda memiliki total kapasitas 1900 kg. Saat opsi ini diaktifkan, Vehicle Anda akan menyelesaikan beberapa tugas untuk dibongkar dan kemudian kembali ke Hub untuk memuat sisanya dan menyelesaikan perjalanan. Namun, mesin mungkin memperhitungkan jarak, jam operasional, dan waktu kunjungan.



Clustering

Jika diaktifkan, MileApp akan menghitung rute berdasarkan pengelompokan regional. Mesin kami akan membuat cluster dengan batas jarak tertentu dan menugaskan Vehicle ke cluster tersebut sehingga jumlah tumpang tindih area minimal dan perjalanan Anda akan lebih efisien.


Cara menyimpan Configuration

  1. Tentukan parameter untuk melakukan Optimisasi
  2. Klik menu dropdown dan klik New Configuration
  3. Masukan nama Configuration
  4. Configuration akan tersimpan secara otomatis